Benarkah Kandungan Ikan Gabus Bermanfaat Untuk Anak

Benarkah Kandungan Ikan Gabus Bermanfaat Untuk Anak ?


Ikan gabus merupakan jenis ikan yang tidak banyak dibudidayakan, namun banyak hidup secara liar di banyak daerah. Ikan gabus yang dikenal sebagai ikan predator ini banyak ditemukan didanau, sungai, sendang, parit, rawa-rawa, dipersawahan, bahkan perairan yang rendah kadar oksigen.

Khasiat Ikan Gabus Untuk Pertumbuhan Anak dan Balita-Diungkapkan dalam penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, bahwa ikan gabus / ikan kutuk memiliki kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan-ikan yang lain, seperti: ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, dan lain-lain.

Albumin sendiri merupakan suatu cairan yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Albumin adalah protein utama yang terdapat dalam darah manusia. Mengatur tekanan osmotik dalam darah merupakan fungsi utama protein yang diproduksi oleh organ hati ini. Keseimbangan albumin dibutuhkan untuk menjaga agar cairan yang terdapat dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh.

Albumin diproduksi oleh hati melalui mekanisme proses penyerapan protein yang dilakukan oleh hati. Hasil penyerapan inilah yang kemudian dialihkan menjadi albumin. Itulah sebabnya albumin juga dipakai sebagai tes pembantu dalam penilaian fungsi ginjal dan saluran pencernaan.

Apa Saja Manfaat Ikan gabus Untuk Anak ?

1. Pembentukan & Pertumbuhan Otot

Ikan gabus Mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas / nila. Namun masih setara dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan bandeng. Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein. Coba Anda bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

2. Sehat untuk pencernaan anak

Ikan gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk, anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan karena ia sangat mudah di cerna. Hal ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging ternak darat lain. Hanya 3% hingga 5 % dari total kandungan protein kolagen .

3. Membantu penyembuhan anak autis

Ikan gabus memiliki kandungan yang dapat berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap autis.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh anak

Anda yang ingin daya tahan tubuh lebih baik ? jangan lupa konsumsi ikan gabus secara rutin, konsumsi ikan ini akan membuat tubuh Anda tidak mudah terserang berbagai penyakit akibat perubahan cuaca maupun karena faktor lain.

5. Meningkatkan berat badan anak

Satu-satunya cara menggemukkan badan adalah dengan banyak makan. Banyak makan protein hewani sangat bagus dalam rangka meningkatkan berat badan. Kombinasi karbohidrat dan protein dapat memicu pertumbuhan sel. Namun hati-hatilah terhadap lemak alias kolestrol jahat. Nah, ikan Gabus memiliki khasiat meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih.

Ikan gabus memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan sangat enak disantap dengan berbagai hidangan. Konsumsi gabus secara rutin akan memberikan dampak bagi kesehatan anda.

fakta ilmiah mengenai ikan gabus 

Penelitian ikan gabus yang lain menunjukkan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus selama 10-14 hari dapat meningkatkan kadar albumin darah 0,6-0,8 g/dl. Para ODHA (orang dengan HIV/AIDS) yang diberi ekstrak ikan gabus secara teratur, dapat meningkatkan kadar albumin di dalam dara. Sehingga berat badannya akan naik secara perlahan dan ketahanan tubuhnya meningkat.

Suplementasi ekstrak ikan gabus telah terbukti dapat meningkatkan total asupan energi dan protein penderita HIV/AIDS yang bermakna secara statistik melalui perbaikan nafsu makan yang disebabkan oleh kandungan asam amino tertentu.

Sumber Postingan : https://goo.gl/PkjnSg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tanaman Obat Herbal Untuk Penyakit Cantengan